This is default featured slide 5 title
 

Jenis-Jenis Mesin Jahit Untuk Kaos

Mesin jahit merupakan alat terpenting untuk menunjang usaha konveksi. Mesin jahit memiliki fungsi untuk menyatukan potongan-potongan kain yang telah dipola dan dipotong menjadi bagian-bagian pakaian dengan bantuan benang hingga terbentuk sebuah pakaian sesuai dengan pola dan bentuk yang diinginkan. Mesin jahit merupakan sebuah teknologi, kalau pada zaman dahulu orang mejahit dengan cara tradisional dengan tangan tetapi kini seiring perkembangan zaman cara menjahit pun mudah menggunakan metode yang jauh lebih canggih.

Dalam perkembangannya, mesin jahit pun terus mengalami kemajuan. Mulai dari mesin jahit manual, yaitu mesin jahit klasik yang beroperasi tanpa listrik yang terdiri dari mesin jahit manual menggunakan tangan (mesin jahit duduk, dikayuh dengan tangan), mesin jahit kayuh (dikayuh dengan kaki), mesin jahit tangan (berbentuk seperti staples).

 

Selanjutnya mesin jahit mengalami perkembangan menjadi mesin elektrik, yaitu mesin jahit dengan tenaga listrik yang digerakkan oleh motor listrik atau dinamo, dan yang tercanggih adalah mesin jahit komputer atau mesin jahit otomatis. Mesin ini mampu menjahit sesuai dengan perintah dari komputer yang settinganya bisa disesuaikan oleh pengguna mesin tersebut, pada mesin jahit otomatis terdapat banyak panel pengaturan.

 

Dalam usaha konveksi dikenal beberapa jenis mesin jahit yang memiliki fungsi, kecepatan, dan hasil jahitan yang berbeda. Untuk konveksi kaos sendiri dibutuhkan beberapa mesin jahit khusus, berikut ini beberapa macam mesin jahit yang digunakan untuk kaos:

Mesin jahit high speed

 

Mesin jahit ini memiliki kecepatan tinggi dan baik bila digunakan untuk bahan kaos. Jahitan yang dihasilkan stabil dan rapi.

 

Mesin Obras Benang 4

 

 

Mesin obras jenis ini menghasilkan jahitan yang hampir sama dengan jahitan mesin obras biasa, namun berbeda fungsi. Pada mesin obras kaos, selain berfungsi merapikan jahitan, juga digunakan untuk menjahit. Berbeda dengan mesin obras biasa hanya untuk merapikan jahitan dengan cara memotong tepian kain.

 

Mesin Jahit Overdeck

 

Pada beberapa konveksi, mesin overdeck ini ada juga yang menyebutnya mesin kamput. Mesin jahit overdeck berguna untuk menjahit klim pada tepian atau ujung kaos, biasanya jahitan overdeck terdapat pada ujung tangan dan bagian bawah kaos. Selain itu mesin overdeck juga digunakan untuk membuat lis pada training dan kaos olah raga juga bisa untuk menjahit krah kaos bagian dalam.

 

Mesin Jahit Jarum Dua Rantai

 

 

Mesin ini biasa digunakan untuk menjahit kaos-kaos distro. Mesin ini menghasilkan jahitan rantai dua baris. Kualitas jahitan yang dihasilkan sangat bagus dan halus. Jahitan dua rantai ini merapikan bagian bahu atas, yang menghubungkan krah dengan lengan kaos.

 

Selain keempat mesin di atas, ada juga mesin pendukung, seperti mesin jahit lubang kancing untuk membuat lubang kancing pada polo shirt dan mesin jahit pasang kancing yang bisa secara otomatis memasang kancing

 

Mesin jahit konveksi kaos memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing. Hasil jahitan yang dihasilkan pun berfungsi untuk merapikan bagian-bagian tertentu. Untuk itu, pemilihan penggunaan mesin jahit konveksi kaos haruslah memperhatikan kegunaan dan fungsi tersebut. Untuk kualitas yang maksimal, sebuah konveksi kaos yang bagus biasanya memiliki mesin jahit konveksi kaos yang lengkap.

Komentar Dengan Akun Facebook

komentar

9 Responses to Jenis-Jenis Mesin Jahit Untuk Kaos

  1. Terima kasih atas ilmunya yang sangat bermanfaat 😀

  2. Suprapto berkata:

    ada brand dan type/seri mesin jahitnya gak bro…???
    lg butuh info nih buat beli mesin jahitnya…
    takut salah atau g tepat sasaran…..

  3. vera berkata:

    Saya berencana membeli mesin overdeck, tapi masih bingung fungsinya untuk apa aja.
    kalo fungsi mesin overdeck bisa untuk nyambung bahan (jahit) seperti mesin obras 4 benang ga pa?
    mohon infonya, terima kasih…

  4. Kasuba T-Shirt berkata:

    Mbak Vera, fungsi mesin overdeck tentu bedang dengan mesin jahit biasa. Kalau mbak ada kaos coba lihat pada ujung lengan sama ujung badan bagian bawah,disitu ada lipatan/klim….itu diklim menggunakan mesin overdeck. Overdeck enggak bisa buat jahit sambung bahan. Mesin overdeck harganya lebih mahal dari mesin jahit dan mesin obras (kalau mesin obras tergantung merk) tapi overdack kalau untuk jahit kaos kegunaannya hanya untuk jahit tepian kaos

  5. ahmad berkata:

    Untuk Produksi kaos ditro apa memang sangat di perlukan mesin jahit jarum 2 rantai,apa tidak cukup dengan mesin jahit high speed, obras dan overdeck. apa ada solusi jika tnpa mesin jahit tersebut. terimakasih jawabannya..

  6. Ari berkata:

    Mbak / Mas kalo kita pakai obras yang murah (spec 3 benang 1 jarum) bisa gak ya?? kan harga nya cuma 1,3 jt an. kl obras di atas bisa 4 juta.mohon bantuannya. terimakasih.

  7. Kasuba T-Shirt berkata:

    Mesin obras benang tiga tidak bisa untuk jahit kaos mas, harus yang benang empat. Beli second aja….3 hari yang lalu juga saya habis beli mesin obras scond lagi biat tambahan mesin. Harga 2,8 jt…harga bervariasi sesuai kondisi mesin

  8. Beny Krisdianto berkata:

    mas saya ada rencana untuk usaha konveksi, sasaran saya adalah kaos kaos olah raga untuk sekolah dan kaos untuk kebutuhan kantor kantor dinas, kira kira untuk pemula apa aja ya yang harus disiapkan. terima kasih banyak atas bantuanya.

  9. Nanang Kasuba berkata:

    Mas Beny, untuk awal mesin yang harus disediakan adalah 1 mesin jahit high speed, mesin overdeck dan mesin obras benang 4. Itu sudah mencukupi untuk mulai buka usaha kaos

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.