This is default featured slide 5 title
 

Mau Membuat Toko Online? In Sya Allah Saya Siap Bantu

Pada postingan kali ini saya membuat postingan yang mungkin tidak ada kaitannya dengan kaos. Dan sebelumnya mohon maaf, saya dengan memaparkan hal ini bukan berarti saya ahli. Hanya berniat membantu bagi yang berminat dan hitung-hitung mengulang ulang pengetahuan yang saya dapat supaya tidak lupa. Dan mohon maaf buat para master kalau ada bahasa atau pengetahuan yang salah dalam tulisan ini, karena ilmu yang saya dapat bukan bersifat akademik.

Anda punya bisnis online? terus tertarik untuk membuat toko online? In sya Allah saya siap membuatkan untuk Anda. Seperti saya katakan diawal, saya bukan ahli programan dan ahli IT, tapi sekedar tahu saja.

Yang harus dipersiapkan untuk membuat toko online:
1. Domain
2. Hosting
3. CMS (Content Management Sistem)
4. Theme toko online

• Apa itu Domain?
Domain adalah alamat atau nama website yang bisa diakses di internet. Contoh domain: kaosbanyumas.com, sukasuka.net, apamaumu.id, organisasiku.org dll

• Hosting
Hostinga adalah server/disk untuk menyimpan semua file untuk kebutuhan website kita. Kalau diibaratkan rumah, hosting ini adalah sebidang tanah yang sudah difasilitasi instalasi ini itu untuk tempat kita mendirikan rumah.

• CMS (Content Management Sistem)
CMS merupakan sebuah aplikasi web atau software web yang tujuannya untuk memudahkan dalam pengelolaan (upload, edit, menambahkan, dll) konten dalam sebuah website/blog/aplikasi web tanpa harus dibekali pengetahuan tentang hal-hal yang bersifat teknis tanpa harus memiliki pengetahuan tentang bahasa pemrograman web.
Kalau diibaratkan, ini adalah rumahnya website yang disitu ada dapur, kamar, kamarmandi dll. Sesuai namanya, CMS ini untuk me-manage segala file dan script pendukung supaya website bisa tampil dan bisa diakses. Banyak sekali CMS seperti Joomla, Drupal, Prestashop, Aura, Opencart, dll. Disini saya menggunakan CMS WordPress karena dari dulu awal-awal saya mengenal ngeblog saya jatuh hati sama CMS yang satu ini. Didalam sebuah folder CMS terdapat ribuan kode PHP (bukan pemberi harapan palsu loh ya!) dan file-file yang kalau kita bongkar, saya sendiri suka membuat pusing kepala. Apalagi kalau harus mengeditnya karena kalau kita salah edit dan kalau ada 1 huruf saja (kalau diibaratkan huruf) yang terhapus maka website akan error dan tidak bisa diakses. Dan kabar baiknya, CMS WordPress ini bisa kita download secara gratis di http://wordpress.org/latest.zip

•Theme atau tema
Theme ini kalau diibaratkan rumah adalah dekorasinya. Jadi setelah kita bangun rumah kita pasang theme ini dan jenis theme ada bermacam-macam sesuai kebutuhan. Ada theme untuk toko online, untuk website perusahaan, landingpage (biasanya khusus untuk menjual sebuah produk), situs jejaring sosial, forum dll. Theme ini ada yang premium dan ada yang gratis. yang gratisan ini sebetulnya tidak kalah bagus, hanya berbeda dalam masalah lisensi dan tidak adanya support dari developer. Perbedaan yang paling mencolok (yang saya tahu) pada template gratisan terdapat link-link dari website lain pada bagian footer atau bagian bawah yang kita tidak dapat menghapusnya karena kalau kita hapus website atau blog kita akan tidak berfungsi. Untuk membuat toko online ini kita memerluka theme yang premium karena membutuhkan tampilan dan fitur-fitur khusus.

Ini adalah screenshot contoh toko online yang saya buat

 

Silahkan kunjungi link berikut kalau Anda penasaran dan ingin melihat lebih detail contoh toko online yang saya buat. Kunjungi toko online disini  atau satu lagi ada disini dan sebetulnya tampilan keduanya sama.

Apa kelebihan toko online?
Mungkin Anda akan berpikir buat apa toko online, toh kita bisa berjualan secara gratis di jejaring sosial seperti facebook, twitter, instagram dll. Memang betul, tapi dengan memiliki website atau toko online, bisnis kita serasa lebih elegan. Lalu, apa dengan memiliki toko online akan menjamin penjualan kita bakalan rame? Saya mengatakan “SAYA TIDAK MENJAMIN” . Tugas saya adalah membuat bangunannya, membuat tempat atau tokonya. Untuk pengunjung atau pembeli, itu Adalah tugas Anda untuk mempromosikannya.

Ada beberapa cara untuk mendatangkan traffic pengunjung ke website kita.
•Yang pertama tekhnik SEO
Tekhnik SEO atau Search Engine Optization dimana kita menggunakan tekhnik-tekhnik tertentu supaya kata kunci dari posting-posting yang kita bidik akan muncul dihalaman pertama (10 besar) mesin pencari seperti Google, Yahoo dll. Untuk tekhnik ini juga jangan tanya saya karen bukan ahlinya. Tekhnik SEO ini gratis hanya caranya rumit dan setiap waktu tekhniknya bisa berubah karena setiap waktu pula mesin pencari seperti Google misalnya, menerapkan algoritma dan kebijakan baru.

•Mempromosikannya
Kita bisa mempromosikan website kita secara gratis seperti woro-woro ke teman-teman, ngeshare link-link post dari website ke sosial media, atau blogwalking, yaitu menjelajahi blog-blog atau website lain dan disana kita berkomentar seauai topik posting yang ada, karena dengan berkomentar maka link dari website kita akan tertinggal disana dan itu ada peluang dikunjungi balik.

•Iklan berbayar
Cara yang satu ini memang tidak gratis, tapi namanya berbisnis tentu perlu modal. Banyak iklan berbayar seperti di Google Adwords, Iklan baris, FB Ads dll

Estimasi Biaya Pembuatan Toko Online
• Domain harga bervariasi, kalau domain dot.com dan dot.net sekitar Rp. 130.000 pertahun
• Sewa hosting juga bervadiasi, dari yang ratusan ribu hingga jutaan pertahun. Harga disesuaikan dengan paket yang kita ambil. Semakin besar kapasitas disk, memori dan fitur maka harga sewa semakin mahal. disini saya menawarkan untuk paket hosting seharga Rp. 200.000 – 500.000 pertahun. Untuk harga domain dan hosting ini nanti Anda akan tahu sendiri karena nantinya Akun member akan menggunaka nama Anda dan Anda akan memiliki hak akses untuk masuk ke member area. Dan setiap tahun Anda sendiri yang membayar perpanjangan sewa. Kalau kurang faham saya bantu konfirmasi pembayarannya.
Jadi yang perlu diingat, yang harus kita bayar tiap tahun ini adalah domain dan sewa web hosting.
• Membeli Theme/Template toko Online.
Khusus untuk template, ini kita beli sekali seumur hidup, dan ada support update gratis dan dapat beberapa software pendukung theme gratis. Harga theme juga berfariasi mulai harga Rp. 300.000
dan disini kita akan menggunaka yang berharga Rp. 300.000

Rincian Harga:
– Paket 1 Rp. 130.000 + Rp. 400.000 + Rp. 300.000 = Rp. 830.000
– Paket 2. Rp. 130.000 + Rp. 200.000 + Rp. 300.000 = Rp. 630.000
– Ongkos untuk saya sebagai pengganti paket internet dan waktu, itu terserah Anda.

Saya sarankan menggunakan yang paket 1 karena server lebih stabil.

Komentar Dengan Akun Facebook

komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *